Saturday, April 5, 2014

4 KEBIASAAN YANG SERING DILAKUKAN TAPI BERBAHAYA BAGI TUBUH

1. Membersihkan telinga menggunakan cotton bud


Sebenarnya telinga kita memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri.  Kotoran di telinga akan kering dan keluar dengan sendirinya. Menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga sebenarnya tidak disarankan, karena ketika kita memasukkan cotton bud ke dalam telinga kita kotoran didalam telinga akan terdorong semakin lebih dalam dan lama kelamaan kotoran akan menumpuk didalam telinga kita bukannya malah bersih. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Kalaupun harus menggunakan sebaiknya hanya dibagian daun telinga saja ya.


2. Kurang tidur


Untuk kalian yang memiliki penyakit insomnia ada baiknya untuk mengetahui bahaya dari kurang tidur. Bahaya yang diakibatkan oleh kebiasaan ini sebenarnya banyak sekali. Ada beberapa bahaya dari kurang tidur diantaranya yaitu menimbulkan kegemukan dan diabetes, daya tahan tubuh menurun, emosi tidak stabil dan membuat anda kesulitan untuk berfikir. Nah, buat teman-teman yang memiliki insomnia berat ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter ataupun psikologi ya.


3. Penggunaan Tusuk Gigi Sehabis Makan


Pasti kalian seringkan menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan disela-sela gigi. Nah, perlu diketahui nih bahaya dari tusuk gigi tersebut. Sebenarnya penggunaan tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela gigi tidak disarankan. Hal ini bisa membuat gusi kalian akan berubah posisi, gusi akan turun sedikit demi sedikit akibat desakan dari tusuk gigi yang lebih besar ukurannya. Buat kalian yang sering menggunakan tusuk gigi ada baiknya mengurangi penggunaannya untuk membersihkan makanan disela gigi dan menggantinya dengan menggunakan benang gigi. Memang dalam penggunaan benang gigi agak susah, namun disisi lain ini lebih bersahabat dengan gigi. Ingat, gigi membantu kita dalam mengunyah makanan lo.


4. Memotong kuku menggunakan gunting kuku pinjaman


Hepatitis, ternyata penyakit ini bisa ditularkan melalui gunting kuku pinjaman. Hal ini bisa dan mungkin saja terjadi ketika kita meminjam gunting kuku tersebut dan sebelum kita memakai ternyata pemakai sebelumnya saat menggunting kuku terlalu dalam dan akhirnya berdarah. Nah, disinilah darah menempel pada gunting kuku tersebut dan terinfeksi oleh bakteri. Jika pemakai tadi memiliki daftar penyakit hepatitis, bukan tak mungkin kita yang meminjam setelahnya tertular oleh penyakit tersebut. Yang terpeting, kita harus lebih berhati-hati deh karena penyakit sekarang menularnya bisa kemana-mana.

0 komentar

Post a Comment