Wednesday, April 30, 2014

efek dari bermain game

Berbicara tentang efek dari bermain game selalu berkaitan dengan PC atau Game Console, yups karena game pada saat ini game lebih banyak dimainkan oleh orang di PC atau game console, kenapa bisa begitu? Hal ini disebabkan oleh faktor pemain, di dalam pc kita tidak perlu mencari teman untuk bermain tidak dalam game dunia nyata dengan begitu game yang dimainkan di dalam PC bisa dibilang lebih praktis dari pada game dunia nyata.

Masih berbicara tentang bermain game di PC. Bermain game di PC memiliki efek, baik secara langsung maupun tidak. Efek yang ditimbulkanpun ada yang negatif dan ada juga yang positif.

Efek negatif yang ditimbulkan akibat bermain game PC :
1.   Kurang Tidur.
Kurang tidur menjadi hal negatif akibat kecanduan bermain game PC. Hal yang ditimbulkan akibat kurang tidur adalah turunnya kinerja otak, membuat tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat, dan menurunkan sistem imun yang menyebabkan tubuh kita sangat mudah terserang penyakit.

2.   Menjauhkan diri dari lingkungan.
Menjauhkan diri dari lingkungan menjadi hal negatif karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Hal ini juga pernah saya alami, cara untuk menghindari hal ini adalah dengan cara mengurangi waktu bermain kalian dan bersosialisasi ke luar rumah setiap seminggu sekali.
3.   Jam makan yang tidak teratur.
Banyak orang ketika bermain game lupa akan lapar karena mereka keasyikan bermain, hal ini dapat menyebabkan tidak adanya asupan energi dan protein kedalam tubuh yang dapat menyebabkan jatuh sakit.

Tidak selamanya bermain game PC memiliki efek yang buruk ada juga efek yang positifnya.
1.   Menjadi sarana interaksi.
Kenapa bisa menjadi sarana interaksi padahalkan tadi bisa menjauhkan kita dari lingkungan? Contoh dari sarana interaksi misalnya ketika keluarga berkumpul, game dapat menjadikan suasana menjadi lebih seru.
2.   Kreativitas.
Tidak semua game yang ada sudah di setting agar seperti itu. Ada beberapa game yang perlu kreativitas untuk menyelesaikannya dengan begitu kita dapat lebih kreatif.
3.   Penyembuhan.
Mungkin ini terdengar tidak logik, padahal ini benar adanya. Pernah dengar kalau tertawa itu sehat? Tertawa adalah dimana diri kita dalam mode enjoy sama speerti bermain game yang enjoy, maka dari itu bermain game dapat sebagai media untuk penyembuhan namun hanya untuk beberapa kasus saja.

Nah tahu kan apa efek negatif dan positif dari bermain game PC kan, masih banyak lagi efek dari main game, jika kalian ingin tahu lebih banyak bisa mencari dari mbah google. Jadi intinya adalah bermain game itu sewajarnya saya jangan terlalu lama karena game diciptakan untuk hiburan bukan untuk menyengsarakan.

0 komentar

Post a Comment